RSS

Menentukan Warna Cat Sesuai dengan Kepribadian

Warna merupakan refleksi dari pantulan cahaya yang masuk ke otak melalui mata. Tapi dalam ilmu disain interior, warna juga merupakan bagian dari seni, karena keharmonisan paduannya akan mempengaruhi si empunya rumah yang tinggal di dalamnya.

Dari beragam warna yang ada, dapat dikelompokkan berdasarkan keharmonisannya. Misalnya warna yang menenangkan, seperti hijau rumput dan biru laut. Sedangkan warna yang menyiratkan kehangatan, seperti merah api dan kuning bunga matahari.

Yang harus diingat, setiap warna memiliki unsur warna lainnya, misalnya merah, juga memiliki unsur biru dan oranye.

Dalam memilih warna cat yang sesuai dengan kepribadian Anda, mulailah dari warna-warna yang Anda sukai. Lalu pikirkan warna-warna apalagi yang bisa 'masuk' dengan warna kesukaan Anda tersebut.

Pilihlah setidaknya tiga warna, yang salah satunya memiliki warna paling kontras yang dipergunakan pada ruang yang di nilai paling tinggi aktivitasnya.

Setelah Anda mengembangkan warna dasar yang dipilih, tambahkan nilai dari warna tersebut. Misalnya, apakah Anda ingin warna tersebut lebih terang atau lebih gelap. Untuk ruangan redup, tambahkan unsur hitam di dalam warna tersebut. Sedang pada ruangan terang, tinggal ditambahkan warna putih.

Bila Anda merasa warna yang Anda pilih masih kurang 'sreg' untuk ruang makan, misalnya, Anda tinggal menambahkan atau mengurangi komposisinya. Misalnya warna hijau, Anda bisa mengurangi sedikit unsur kuning di dalamnya.

Anda dapat memastikan komposisi seperti apa yang paling tepat menurut Anda, dengan menggunakan panduan warna yang akan dijelaskan di bagian tersendiri. Atau Anda bisa mengkonsultasikan paduan warna tersebut pada konsultan interior atau dari buku-buku tentang panduan warna.

Tapi sederhananya dalam warna cat yang 'aman', harus memperhatikan beberapa hal berikut:

1. Warna cat akan terlihat lebih kuat setelah di dinding dibanding pada contoh warnanya. Apa yang terlihat halus di kerta, bisa jadi akan terlihat lebih keras di dinding. Sehingga pilihlah warna yang memang benar-benar sesuai ukurannya.

2. Bila masing-masing ruangan menggunakan warna berlainan, gunakan warna yang harmonis antara ruangan yang satu dengan yang lain, sehingga rumah Anda tetap terkesan sebagai satu kesatuan.

3. Warna yang sama akan terlihat lebih gelap di langit-langit, dibanding di dinding. Jadi gunakan warna yang lebih terang pada warna cat langit-langit Anda, atau berikan campuran warna putih lebih banyak.

4. Bersihkan dinding terlebih dahulu, sebelum mengecat. Warna dinding Anda ibarat kanvas raksasa yang akan Anda pandang dari berbagai sudut. Karena itu pastikan pengecatannya serapi dan sebersih mungkin.

5. Efek cahaya akan semakin mengesankan warna dinding, jadi pilihlah lampu ruangan dengan cahaya natural (baik di pagi maupun malam hari). Begitu juga bila Anda ingin menggunakan lampu artifisial.

6. Pastikan warna-warna yang Anda pilih memiliki intensitas yang hampir sama, misalnya tema yang Anda pilih adalah warna-warna murni atau terang. Maka gunakan tema yang sama di setiap ruang. Warna yang kuat misalnya warna-warna yang terkesan semangat dan segar, sedangkan warna yang lebih lembut biasanya lebih redup.

PANDUAN MEMILIH WARNA

Mencari warna yang serasi dengan warna-warna lainnya, sebenarnya akan jauh lebih mudah bila Anda menggunakan lingkaran warna (colors wheel) yang terdiri dari 12 warna alternatif dari beberapa warna yang memiliki spektrum sama (lihat gambar).

Sebuah warna umumnya terbagi dalam warna primer (primary), sekunder (secondary), dan tertier (tertiary). Warna primer adalah warna yang paling mempengaruhi warna lain dalam spektrumnya, yaitu merah, kuning dan biru.

Warna sekunder adalah warna yang merupakan kombinasi dari dua warna primer, seperti ungu (merah dan biru), hijau (biru dan kuning), dan oranye (kuning dan merah).

Sedang warna tertier adalah warna yang mencampurkan warna primer dengan sekunder dengan porsi yang seimbang, misalnya merah-oranye, kuning-oranye, kuning-hijau, biru-hijau, biru-ungu, dan merah-ungu.

Berdasarkan teori warna, kombinasi yang baik adalah yang menggunakan dua warna berlainan yang ada di lingkaran warna, tiga warna yang berurutan dalam lingkaran warna, atau dua pasang warna (totalnya empat) yang berlainan.

Catatan:
- Warna primer (merah, kuning dan biru) akan terlihat dominan dalam dekorasi rumah Anda.
- Warna sekunder (hijau, oranye dan ungu) bisa terikat satu sama lain, namun harus ada bagian-bagian yang diperlembut agar dapat terlihat menyatu.
- Warna tertier (biru-hijau, kuning-hijau, merah-oranye) dapat dikombinasi dan memberikan tampilan yang spektakuler.
- Warna monochromatic atau yang hanya terdiri satu jenis warna, akan sangat menarik bila sebuah warna tersebut dijadikan beberapa corak. Misalnya, di satu ruangan warna tersebut dipergelap dan diruangan lainnya diperlembut.
- Warna-warna yang saling bersebelahan di roda warna, akan sangat harmonis digunakan bersama-sama dalam satu rumah. Misalnya, merah-oranye dengan oranye.
- Kombinasi warna primer (merah) dengan warna sekunder (ungu) akan menciptakan ruang yang terkesan menyenangkan.

0 komentar:

Poskan Komentar